MENU

Kamis, 09 Juni 2011

PENGARUH LATIHAN KNEE TUCK JUMP DAN BARRIER HOPS TERHADAP HASIL TENDANGAN BOLA LAMBUNG JAUH



PENGARUH LATIHAN KNEE TUCK JUMP DAN BARRIER HOPS TERHADAP HASIL TENDANGAN BOLA LAMBUNG JAUH PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NURI

SAMARINDA TAHUN PELAJARAN
                                                                 
2009/2010

Sebagai tugas akhir mata kuliah metodologi penelitian I yang di bimbing oleh Drs. Tejo Suparno, M.Pd








Copy of untitled 



Oleh

MUHAMMAD ANSORI
NPM : 072075100452
                                       
FAKULTAS PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
INSITITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
KALIMANTAN TIMUR
SAMARINDA
2009/2010

KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan yang maha esa yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan jasmani dan rohani sehingga tugas ini bisa terselesaikan sesuai waktu yang telah di berikan. Dalam penyelesaian penelitian sampai dengan tersusunnya makalah skripsi ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.   Bapak Drs. Tejo Suparno,M.Pd Selaku Dosen Mata Kuliah, Metodologi Penelitian IKIP PGRI Kalimantan Timur yang telah memberikan kesempatan dan memberikan bimbingan dan pengarahan sehingga dapat menyelesaikan makalah penelitian ini.
2.      Sofyan Akhmad Karnadi,S.pd Selaku kepala Sekolah SMP Nuri Samarinda yang telah memberikan ijin dalam pengambilan data untuk mengadakan penelitian.
3.      Pemain sepakbola yang mengikuti extrakurikuler sepakbola di SMP Nuri Samarinda.
4.      Rekan – rekan yang telah banyak memberikan bantuan dan dorongan hingga penulis dapat menyelesaikannya.
5.      Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah penelitian ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saran, kritik dan balikan sangat penulis harapkan guna kesempurnaan makalah ini. Harapan penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi pembaca pada umumnya.
                                                                              Samarinda, Februari 2010
Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………      i   
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..      ii
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….      iii             
BAB I             PENDAHULUAN……………………………………………… 1
                        Latar Belakang ………………………………………………...   1
                        Rumusan Masalah………………………………………………   6
                        Tujuan penelitian……………………………………………….   7
                        Kegunaan Penelitian ……………………………………………  7
BAB II           KAJIAN TEORI…………………………………………………    9
                        Pengertian pengaruh latihan…….…….………………………..   9
                        Pengertian dan macam-macam tendangan……………………...  10
BAB III          PEMBAHASAN MASALAH…………………………………...    13
                        Data keadaan sekolah …………..………………………………  13
                        Tahapan bermain sepak bola ………………….………..………   23
                        Teknik knee tuck jumping dan barrie hop………..……………    39
BAB IV          ANALISIS MASALAH ……………………………………..     42
BAB V           PENUTUP……………………………………………………      52
Kesimpulan……………………………………………………     52
                        Saran…………………………………………………………..     53
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………    54


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dewasa ini Sepakbola telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini bisa kita perhatikan pada peralatan, sarana dan prasarana olahraga yang dipakai, contohnya digunakannya bola pintar, kamera pengawas dan yang lebih menakjubkan lagi adalah stadion, yang mana stadion tersebut bisa membuka sendiri saat ada hujan ataupun panas. Prestasi yang tinggi bukan hanya dipengaruhi oleh sarana dan prasarana, tetapi juga aspek biologis psikologis, dan lingkungan.
Melihat perkembangan prestasi olahraga khususnya Sepakbola di Indonesia semakin memprihatinkan. Seperti kita tahu, Sepakbola adalah olahraga yang sangat merakyat di Indonesia, sehingga sebagian besar orang Indonesia gemar akan olahraga ini. Karena sangat merakyat, maka banyak sekali yang ingin bermain Sepakbola, namun ini adalah suatu hal yang kontradiksi, olahraga yang paling populer di tanah air ternyata prestasinya kurang memuaskan. Jangankan bertanding dikelas dunia, di wilayah Regional saja masih kurang bila dibanding dengan negara tetangga. Sangat jauh memprihatinkan permainan Sepakbola Nasional, bila dibandingkan misalnya dengan Liga Inggris yang begitu cantik, menarik serta penuh taktik Sepakbola dan strategi yang canggih. Mengapa terjadi kontradiksi yang seperti itu? Bukankah seyogyanya olahraga Sepakbola yang sangat populer di Indonesia yang digemari banyak orang dengan demikian banyak yang ingin bermain sehingga bisa dijaring pemain-pemain berbakat? Tetapi kenyataannya tidak seperti itu, persepakbolaan di Indonesia masih kalah jauh dengan negara- negara tetangga.
Menurut Aris Setiawan menyatakan bahwa salah satu faktor yang sangat menentukan prestasi olah raga nasional adalah konsep latihan (training) itu sendiri.Sepakbola Nasional (apalagi regional/lokal), yang disebut latihan Sepakbola lebih sering hanya bermain ”bermain bola”. Latihan Sepakbola hanya dianggap sekedar berkumpul-kumpul saja, tendang bola sebentar langsung “bermain Sepakbola” sebelas lawan sebelas dilapangan. Bisa dibayangkan, dalam satu kali “bermain Sepakbola” berapa kali rata-rata seseorang pemain menendang bola hanya 10-20 kali saja, dan dengan semakin berbakat seseorang, dia akan semakin menonjol, tetapi bagi yang “kurang berbakat” maka ia akan semakin tertinggal. Karena dilatih untuk “bermain sepak bola” maka teknik Sepakbolapun tidak berkembang .
 Negara Indonesia jarang sekali pemain-pemain Sepakbola dilatih teknik bermain Sepakbola yang baik dan benar, seperti latihan menendang, mengumpan, menggiring, latihan “one touch football”, latihan footwork dan lain- lain. Padahal di negara-negara lain, latihan-latihan dasar adalah menu utama dalam suatu latihan Sepakbola.Paling tidak, dengan latihan teknik dasar, para pemain bisa latihan menendang bola 100 kali, menggiring bola 50 kali, dan mengoper bola 50 kali, bahkan mungkin bisa lebih dari itu.
Bahkan di “Football Clinic” terutama untuk anak-anak, mereka ditekankan untuk melakukan latihan teknik dasar, seperti: menendang, mengoper, menggiring, serta penguasaan bola. Belum ada “bermain bola” beneran, paling kalau adapun mereka hanya bertanding 3 lawan 3 atau 5 lawan 5. Sehingga mereka lebih intensif latihan penguasaan bola, pengoperan serta foot work skillnya. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah bahkan latihan fisik hampir ditinggalkan sepenuhnya, sehingga fisik pemain Sepakbola Indonesia rata-rata lemah dan mempunyai nafas yang pendek, terkecuali pemain-pemain tertentu yang mempunyai talenta dan fisik yang sangat baik.
Rendahnya kemampuan teknik dasar persepakbolaan di tanah air menjadi salah satu penyebab buruknya prestasi tim nasional dalam berbagai event, baik event tingkat ASEAN, Asia dan lebih-lebih ditingkat Internasional, kendati tim nasional pelajar pernah berhasil 5 kali berturut turut sebagai juara tingkat Asia, prestasinya tidak bisa lagi meningkat dan hanya mentok sampai disitu saja. Menurut Sudjono, pakar olahraga Sepakbola dari FIK Universitas Negeri Yogyakarta menerangkan bahwa kesalahannya bukan terletak pada proses pembinaan selanjutnya, melainkan karena memang teknik dasar pemain kita masih sangat rendah. Lebih lanjut menurut Harsuki, mantan pemain PS Gajah Mada (GAMA) tahun 60-an, menjelaskan, tidak adanya kesamaan misi diantara semua komponen civitas akademika menjadi kendala tersendiri bagi pembinaan prestasi olahraga, termasuk Sepakbola dikalangan mahasiswa. Bahkan ujarnya terus terang, tidak jarang pengajar/dosen justru “mengancam” dengan memberikan alternatif pilihan bagi mahaiswanya, mau belajar atau mau main Sepakbola. Padahal, idealnya kedua-duanya, belajar dan bermain Sepakbola ataupun olahraga lainnya, harus bisa berjalan seirama.
 Menurut Suparjono (mantan pemain PS GAMA) menjelaskan bahwa situasi dan kondisi sekarang memang berubah dan tidak lagi disamakan dengan era tahun 60-an, yang paling penting saat ini adalah sikap dan mental dari semua unsur yang terlibat dalam pembinaan, baik pembina, pelatih, masyarakat maupun pemain itu sendiri. ”Setiap individu harus berani dan dengan jujur mawas diri untuk melihat kekuatan atau kelebihan dan kekurangan maupun kelemahan masing masing. Kita perhatikan gerakan-gerakan para pemain Sepakbola, disitu terdapat gerakan lari, lompat, loncat, menendang, menghentakkan dan menangkap bola bagi penjaga gawang. Semua gerakan gerakan tersebut terangkai dalam suatu pola gerak yang diperlukan pemain dalam menjalankan tugasnya dalam bermain Sepakbola.
Menurut Sucipto, dkk (2000:8) gerakan yang paling dominan dalam permainan Sepakbola adalah menendang. Dengan gerakan menendang saja anak- anak sudah dapat bermain Sepakbola. Dilihat dari rumpun gerak dan ketrampilan dasar, terdapat tiga dasar keterampilan diantaranya adalah Lokomotor, Non lokomotor dan Manipulatif. Pemain yang memiliki teknik menendang yang dengan baik, akan mampu bermain secara efisien. Tujuan menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), menembak kegawang (shooting at the goal), dan menyapu (menjauhkan bola dari gawang sendiri) dan menyapu untuk menggagalkan serangan lawan (sweeping).Kecerdasannya dalam mengolah latihan, aspek-aspek latihan, pengembangan faktor-faktor lain yang mendukung dalam pelatihan Sepakbola, misalnya faktor fisik, teknik, taktik, mental dan kematangan juara (M. Sajoto 1998:7). Faktor fisik mempunyai peranan yang sangat utama, hal ini berarti keberadaan fisik yang baik merupakan modal utama bagi atlet dalam meraih prestasi, agar kondisi fisik selalu stabil, atlet harus sadar dan disiplin dalam melakukan latihan serta menjalankan program yang telah ditetapkan pelatih. Dukungan fisik yang baik akan meningkatkan prestasi seseorang atlet bila program yang diberikan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.
Menurut M. Sajoto (2002:8) mengatakan bahwa ”kondisi fisik adalah suatu kesatuan utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisah-pisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaannya. Artinya dalam usaha pengembangan kondisi fisik maka seluruhnya komponen tersebut harus dikembangkan, walaupun disana-sini dilakukan dengan sistem prioritas sesuai keadaan atau status tiap komponen itu dan untuk apa keperluan atau status yang dibutuhkan. Kondisi fisik tersebut antara lain: kekuatan, daya tahan, daya otot, kecepatan, kelentukan, klincahan, keseimbangan, ketepatan, reaksi. (M. Sajoto,2002:8) Dalam permainan Sepakbola untuk bisa menghasilkan tendangan melambung jarak jauh lebih tepat bila menggunakan kura-kura kaki bagian dalam, karena akan menghasilkan tendangan bola yang parabola sehingga jarak yang akan di tempuh semakin jauh. Agar tendangan menjadi lambung dan keras tentu dibutuhkan power otot tungkai yang maksimal, oleh karena itu perlu melatih power otot tungkai. Dalam melatih power otot tungkai, dapat digunakan salah satu metode latihan yaitu dengan metode Pliometrik. Adapun materi latihan Polimetrik untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai adalah latihan Barrier Hops (Loncat rintangan) dan Knee Tuck Jump (loncat tanpa rintangan). Menendang bola melambung agar menghasilkan tendangan yang jauh maka gerakan eksplosif otot tungkai sangat dibutuhkan untuk memperoleh gaya yang besar. Dalam pengamatan dilapangan, pemain-pemain asing (Eropa) bisa menendang bola sampai 2/3 lapangan sedangkan bagi pemain Indonesia + 50 meter. Selain itu juga, para siswa kelas 2 yang mengikuti ekstrakurikuler Sepakbola belum mempunyai tendangan lambung yang jauh, padahal fungsi tendangan lambung sangat besar manfaatnya, diantaranya menjauhkan dari titik aman (Dekat gawang), untuk mencetak gol (Shooting), umpan lambung jarak jauh. Kebanyakan pola permainan Internasional (Eropa) mengandalkan shooting jarak jauh, hal ini dikarenakan rapatnya baris pertahanan. Banyak metode latihan untuk meningkatkan power otot tungkai. Misalnya: dengan menggunakan katrol, bangku, skipping, barbell, dumbbell dan juga bola berbeban (bola medicine). Dari sini saya ingin menggunakan metode baru yang lebih efektif dan efisien yang berkembang di abad 2000, yaitu Pliometrik.
Adapun latihan yang digunakan adalah Knee Tuck Jump dan Barrier Hops. Apakah diantara latihan tersebut ada pengaruhnya terhadap tendangan lambung jarak jauh.
Berdasarkan uraian diatas saya ingin mengadakan latihan jauhnya tendangan lambung pada pemain Sepakbola yang berjudul: ” Pengaruh latihan knee tuck jump dan barrier hops terhadap kemampuan menendang lambung jarak jauh pada siswa putra ekstrakurikuler Sepakbola SMP Nuri Samarinda tahun pelajaran 2009/2010”.
B. RUMUSAN MASALAH
Dalam penelitian ini masalah penelitian yang akan dikaji dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops terhadap hasil tendangan lambung jarak jauh pada siswa putra SMP Nuri Samarinda yang mengikuti ekstra kurikuler Sepakbola tahun pelajaran 2009/2010?
     D. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian pada umumnya untuk menentukan  kebenaran dan mengkaji kebenaran suatu ilmu pengetahuan (Sutrisno Hadi, 1987:271). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops terhadap hasil tendangan lambung jarak jauh pada siswa putra SMP Nuri Samarinda yang mengikuti ekstra kurikuler Sepakbola tahun pelajaran 2009/2010.  Bila ditemukan ada perbedaan pengaruh, maka akan di cari metode latihan mana yang memberikan pengaruh baik.
E. KEGUNAAN  PENELITIAN
Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan guna memperoleh atau mencapai tujuan. Tujuan tersebut sepanjang masih dalam rencana yang diharapkan akan memberikan kegunaan bagi yang  berkepentingan. Menurut Winarno Surachmad, bahwa kegunaan penelitian itu sebagai berikut :
Kegunaan penelitian untuk melatih seseorang untuk menyusun hasil pemikiran dan hasil penyelidikan menurut cara-cara yang lazim digunakan oleh para sarjana dalam ilmu pengetahuan .Dan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk dapat mengikuti uraian-uraian dan data yang dikemukakan dalam lapangan ilmiah.(Winarno Surachmad op cit ; 67). Dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi peneliti melalui pengamatan lapangan, Memberikan pengetahuan dan masukan bagi pelatih-pelatih Sepakbola khususnya pelatih fisik terkait dengan metode latihan yang efektif dan efisien.















BAB II
KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Pengaruh Latihan
Agar tidak terjadi kesalahan persepsi tentang judul, maka perlu ada penjelasan tentang arti dan makna judul tersebut. Penjelasan tersebut dalam penegasan istilah seperti berikut: 1 Pengaruh Menurut Poerwo Darminto (1984: 731) pengaruh latihan adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda, dan sebagainya) yang membedakan adalah dua hal. Atau daya yang timbul dari sesuatu yang berkuasa atau yang berkekuatan.
Pengaruh yang dimaksud dalam penelitian ini adalah daya yang ditimbulkan dari latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops terhadap hasil menendang melambung jarak jauh. Sedangkan latihan menurut Groser, starishka/Zimermman (2001:8) terjemahan dari Paulus Levinus Pasurney adalah kumpulan pengertian dari semua usaha dalam proses peningkatan prestasi (termasuk pula usaha untuk mempertahankan prestasi). Dari sisi biologi kedokteran olahraga pada proses peningkatan prestasi ini, dilakukan rangsangan-rangsangan yang meningkat melalui gerak-gerak yang terarah dan sistematis dengan tujuan terjadi penyesuaian pada otot dan fungsi organ tubuh.
Dari teori pendidikan, proses peningkatan prestasi ini terjadi karena perencanaan dan cara mempengaruhi yang diarahkan secara khusus pada peningkatan manusia seutuhnya. 2 Knee Tuck Jump Menurut James C. Radcliffe dan Robert C. Farentinos yang diterjemahkan M. Furqon H. dan Muksin Doewes (2002: 41) Knee Tuck Jump yaitu latihan yang dilakukan dipermukaan yang rata dan berbekas seperti rumput, matras atau keset. Latihan ini dilakukan dalam suatu rangkaian loncatan eksplosif yang cepat. 3 Barrier Hops (Loncat rintangan) Menurut Donal A. Chu (1992:40).
Latihan Barrier Hops adalah: “latihan yang dilakukan pada gawang gawang atau rintangan- rintangan yang tingginya (antara 30 – 90 cm) diletakkan disuatu garis dengan jarak yang ditentukan dengan kemampuan. Rintangan akan jatuh bila atlet membuat kesalahan, star dimulai dengan berdiri di belakang rintangan, gerakan meloncat yang melewati rintangan- rintangann dengan kedua kaki secara bersama. Gerakan dimulai dari pinggang dan lutut merenggang, kemudian gunakan ayunan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan dan mencapai ketinggian. 4 Hasil Tendangan lambung Jarak Jauh Berasal kata hasil yang artinya sesuatu yang dicapai (Poerwa Darminto WJS, 1984:348). Hasil yang dimaksud disini adalah hasil tendangan lambung yang jauh diukur dalam satuan meter.
B.     Pengertian dan macam-macam tendangan
Tendangan Bola Lambung dalam Sepakbola Seorang pemain sepakbola agar dapat bermain dengan baik dan benar dia harus bisa menendang dengan baik dan benar pula.
Menurut Sucipto dkk (2000:17) menjelaskan bahwa tendangan merupakan usaha untuk memindahkan bola. Menendang bola adalah salah satu karakteristek permainan Sepakbola yang paling dominan. Tujuan menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), menembak kegawang (shooting at the goal), dan menggagalkan serangan lawan (Sweeping). Menendang bola mempunyai dua arah putaran, menurut Sukatamsi (1997: 33) menjelaskan arah putaran jalannya bola ada dua macam, yaitu:
a)      Tendangan lurus (Langsung). Bola setelah ditendang tidak berputar sehingga bola melambung lurus dan jalannya kencang. Pada tendangan lurus ini, tenaga tendangan melalui titik pusat bola, keluar menuju lintasan bola (lurus).
b)      Tendangan melengkung (Slice). Bola setelah ditendang berputar ke arah yang berlawanan dengan arah tendangan dan arah bola, bila bola melambung setelah sampai puncak akan turun vertikal. Pada tendangan melengkung ini tenaga tendangan tidak melalui pada titik pusat bola, tenaga tendangan menyinggung bola dan memutar bola sehingga lintasan bola melengkung atau berupa garis lengkung sesuai dengan arah putaran bola. Menendang dibedakan beberapa macam dilihat dari perkenaan dari kaki ke bola (impact), yaitu menendang dengan kaki bagian dalam (inside), kaki bagian luar (outside), punggung kaki (instep) dan punggung kaki bagian dalam (inside of the instep). Gambar 3. Nama-nama bagian kaki untuk sepak bola: kaki sebelah kiri. Sumber: Permainan Bola Besar Sepakbola. Sukatamsi Jakarta (1997: 32) Tendangan menurut tinggi rendahnya lambungan bola adalah sebagai berikut:
a.       Tendangan bola rendah, bola bergulir diatas tanah sampai melambung setinggi lutut,
b.      Tendangan bola melambung lurus atau melambung sedang, lambungan setinggi antara lutut sampai kepala,
c.       Tendangan bola melambung tinggi, paling rendah setinggi kepala (Sukatamsi, 1988:84) 2. Tendangan Lambung Dalam Sepakbola. Untuk dapat menendang bola melambung dengan hasil yang jauh di samping membutuhkan power otot tungkai juga memerlukan penguasaan teknik menendang bola yang baik. Perlu diperhatikan pula bahwa teknik-teknik tertentu dapat memberikan hasil yang diharapkan sedangkan untuk menghasilkan suatu tendangan yang melambung dan jarak yang jauh lebih tepat jika menggunakan kura-kura kaki bagian dalam (inside of the instep).










BAB III
PEMBAHASAN MASALAH
A.          Data Keadaan Sekolah
1.      Sejarah Berdirinya
SMP NURI Samarinda adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama yang bertempat di Jl. Ade Irma Suryani No 14 Kelurahan Sungai Pinang Dalam Samarinda Ilir.
SMP NURI Samarinda memiliki tanah dengan luas  + 9.000 m2 yang terdiri dari 8.808, m2 halaman dan gedung permanen seluas. + 1.000,75 m2.
a.       Profil Sekolah
1. Visi                    : Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang iptek dan
  imtaq agar dapat mengisi pembangunan nasional.
      2. Misi                   : Agar siswa mampu menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara sehingga menjadi manusia yang mandiri serta berguna bagi bangsa dan Negara.
      3. Identitas Sekolah :
            3.1. Nama Sekolah                              : SMP NURI Samarinda
            3.2. NSS                                              : 202.16.60.06.054
            3.3. Status Sekolah                             : Diakui
            3.4. Sertifikasi Sekolah                       : B ( Baik )
            3.5. Jarak Sekolah ke Kecamatan       : 500 Meter
            3.6. Jarak Sekolah ke Jalan Raya        : 200 Meter
b.      Kepala Sekolah Yang pernah memimpin SMP NURI selama periode 1984 s.d 2006 adalah :
1. Urip Mustopa                                                 Tahun 1984 s.d 1988
2. H. La Kalle                                                    Tahun 1989 s.d 1990
3. Samsul Syahrani                                             Tahun 1991 s.d 1993
4. Nasrun                                                            Tahun 1994 s.d 1995
5. Nyi Ayu Rita Widayati                                  Tahun 1996 s.d 1997
6. Sutopo Maryono                                            Tahun 1998 s.d sekarang
2.      Kelengkapan Administrasi
a.      Administrasi Kurikulum / Pengajaran
Di SMP NURI  Samarinda bagian administrai kurikulum / pengajaran dikoodinasikan oleh Bapak Aidil Fadli. Adapun program urusan kurikulum antara lain meliputi :
1)      Penyusunan pembagian tugas mengajar bagi guru mata pelajaran dan pembagian tugas bimbingan konseling bagi guru pembimbing.
2)      Penyusunan jadwal pelajaran dan jadwal bimbingan konseling.
3)      Program pengadaan perangkat kurikulum yang terdiri dari buku I, buku II, dan buku III kurikulum.
Buku I Kurikulum berisi landasan program dan pengembangan sedangkan buku II Kurikulum merupakan garis besar program pengajaran (GBPP). Buku III Kurikulum terdiri dari beberapa buku petunjuk, yaitu :
a.              Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.
b.             Petunjuk Pelaksanaan Penilaian.
c.              Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Konseling.
d.             Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Pendidikan di Sekolah.
e.              Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah.
f.              Petunjuk Teknis PBM setiap mata pelajaran.
4).     Mengadakan lokakarya pemahaman buku kurikulum keadaan guru/karyawan yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran, setiap akhir semester dan  setiap akhir tahun pelajaran.
5).     Penyusunan program persiapan PBM yang mencakup pembuatan :
a.       Analisis materi pelajaran.
b.      Program tahunan dan program semester.
c.       Program Satuan Pelajaran/Silabus
d.      Rencana Pengajaran dan rekapitulasinya sampai
e.       Presentase guru yang membuat RP.
f.       Paket soal setiap pokok bahasan.
g.      Program pemdayagunaan alat laboratorium
h.      Program pemberdayaan perpustakaan.
i.        Medikom (media komunikasi), charta, peta, alat peraga.
j.        Program ekstra kurikuler.
6).     Program pelaksanaan PBM yang meliputi penyusunan :
a.       Jadwal pelajaran.
b.      Buku piket harian.
c.       Buku jurnal kelas, laboratorium, perpustakaan dan ruang keterampilan, ruang olah raga.
d.      Kegiatan pengayaan dan pendalaman materi pelajaran.
e.       Supervisi akademik dan rekapitulasinya.
7).     Program Penilaian (evaluasi hasil belajar siswa) yang
terdiri dari :
a.       Ulangan harian.
b.      Tugas pekerjaan rumah.
c.       Ulangan UAS/UAN
8).     Program Analisis Hasil Penilaian yang terdiri dari :
a.         Analisis ulangan harian.
b.        Perkembangan prosentase pencapaian daya serap siswa.
c.         Perkembangan pencapaian ketuntasan belajar siswa.
d.        Perkembangan pencapaian target kurikulum
e.         Peningkatan selisih output terhadap input.
f.       Pencapaian target NEM.
9).     Program penyusunan bank soal :
a.         Soal ulangan harian.
b.        Soal ulangan umum.
c.         Soal UAS/UAN
10.         Penyusunan data rata-rata NEM yang meliputi :
a.       Rata-rata NEM siswa baru per tahun.
b.      Rata-rata NEM siswa tamatan per tahun.
c.       Grafik peolehan NEM setiap mata pelajaran dari tahun ke tahun.
d.      Grafik prosentase lulusan murni dari tahun ke tahun.
e.       Data peringkat perolehan NEM di sub rayon/rayon tingkat propinsi.
a.      Administrasi Kesiswaan
Bagian urusan kesiswaan di SMP NURI Samarinda dikoordinasikan oleh   Bapak Ishar, S.Pd .
Adapun program urusan kesiswaan antara lain :
1.      Penerimaan siswa baru yang mencakup pembentukan panitia, penyelenggaraan dan penyediaan administrasi, penyebaran informasi, pelaksanaan seleksi, dan pengumuman hasil seleksi serta pelaporan kegiatan.
2.      Pembagian kelas siswa kelas I, II, dan III sesuai ratio per kelas.
3.      Penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa
4.      Program pendidikan kenal negara dan bela negara melalui kegiatan upacara bendera.
5.      Program pembinaan ekstrakurikuler meliputi beberapa seksi, yaitu : seksi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, seksi kehidupan berbangsa dan bernegara, seksi pendahuluan bela negara, seksi kepribadian dan budi pekerti, seksi berorganisasi pendidikan politik dan kepemimpinan, seksi kesegaran jasmani dan daya kreasi serta seksi apresiasi dan kreasi seni.
6.      Program ekstra kurikuler di sekolah melalui kegiatan :
a.        Rohani Islam Rohani Kristen, Rohani Katolik, Budha dan Hindu.
b.      Palang Merah Remaja (PMR) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
c.       Olahraga permainan dan bela diri.
d.      Publikasi dan perpustakaan.
            7)         Program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terdiri dari :
a.       Latihan dasar kepemimpinan (LDK).
b.      Pemilihan pengurus baru.
c.       Pelantikan pengurus baru.
d.      Penyusunan program OSIS.
c.         Administrasi Kepegawaian
Administrasi kepegawaian di SMP NURI Samarinda dilaksanakan oleh bagian Tata Usaha.
            Administrasi kepegawaian sekolah meliputi :
1).    Mempersiapkan / mengurus kenaikan pangkat gaji berkala guru dan karyawan.
2).    Membuat Absen Guru dan Siswa
3).    Mengisi buku induk pegawai.
4).    Mengurus Taspen, askes dan karpeg.
5).    Mengurus cuti guru dan pegawai.
6).    Mengarsipkan data kepegawaian di file yang bersangkutan.
            Data kepegawaian di SMP NURI Samarinda adalah sebagai berikut :
            1.         Guru                                        :    24 orang
            2.         Pegawai TU                            :      1 orang
d.        Administrasi Keuangan
Di SMP NURI Samarinda pengelolaan keuangan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a.       Bendahara Rutin
Bendahara rutin mengelola keuangan untuk kepentingan sekolah yang meliputi belanja pegawai, belanja barang dan belanja pemeliharaan.
Tugas bendahara rutin antara lain melakukan pembukuan, laporan-laporan SPJ, UYHD, menyetorkan pajak PPN dan PPh ke bank, dan lain-lain.
b.      Bendahara Gaji
Tugas bendahara gaji adalah :
1).      Mengambil daftar gaji di SMP NURI Samarinda.
2).      Mengambil dan membagikan gaji guru dan pegawai.
3).      Mengurus kenaikan gaji berkala, rapel.
4).      Melaporkan SPJ
c.       Bendahara BP3
Bendahara BP3 bertugas memungut iuran Komite Sekolah dan uang partisipasi dari para siswa.
            e.         Administrasi Perlengkapan / Sarana Prasarana
Urusan Perlengkapan / sarana dan prasarana mempunyai program antara lain : pengadaan pemeliharaan / perawatan preventif gedung, ruang belajar dan perlengkapannya (meubeler) serta penataan dan penggunaan barang inventaris sekolah seperti : alat-alat kantor alat dan bahan laboratorium, buku perpustakaan, media pendidikan, dan lain-lain.
            Administrasi perlengkapan / sarana dan prasarana meliputi :
a.       Buku golongan inventaris.
b.      Buku penerimaan barang.
c.       Buku pengeluaran barang.
d.      Buku induk barang.
e.       Kartu pemeliharaan barang.
f.       Penghapusan barang.
g.       Pembuatan laporan keadaan barang setiap 6 bulan dan setiap akhir tahun.
                        Keadaan sarana dan prasarana di SMP NURI Samarinda pada saat ini antara lain :
                        1.         Ruang Kepala Sekolah                        :  1 buah
                        2.         Ruang administrasi / Tata Usaha        :  1 buah
                        3.         Ruang Belajar / Teori                          :  12 buah
                        4.         Ruang Wakil Kepala Sekolah             :  1 buah
                        5.         Ruang Perpustakaan                           :  1 buah
                        6.         Lapangan upacara                               :  1 buah
                        7.         WC guru                                             :  1 buah
                        8.         WC murid                                           :  1 buah
                        9.         Televisi                                                :  1 buah
                        10.       Mesin Stensil                                       :  1 buah

            f.          Administrasi Bimbingan dan Konseling
                        Tugas bimbingan dan konseling di SMP NURI Samarinda adalah membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a.       Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan konseling.
b.      Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar.
c.       Melaksanakan koordinasi dengan urusan praktek/kepala instansi, wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa.
d.      Memberi layanan, bimbingan dan konseling kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
Tugas harian bimbingan dan konseling antara lain :
1).    Mengawasi perkembangan prestasi siswa dalam bidang akademis dan non akademis.
2).    Mengawasi perkembangan sosial siswa dalam kaitan dengan lingkungan.
3).    Membimbing siswa menyelesaikan kesulitan mereka melalui kerjasama dengan orang tua, para guru dan wali kelas, kepala sekolah dan wakil atau karyawan (jika perlu), para siswa/sahabat, nara sumber/para ahli terkait.
4).    Membimbing siswa menemukan jati diri/pribadinya agar dapat menyesuaikan dengan pilihan masa depan atas dasar potensi yang dimiliki.
5).    Membantu mengumpulkan data pribadi siswa lengkap, daftar kehadiran siswa.
6).    Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam menyelesaikan program/tugas-tugas sekolah umumnya (terutama yang berhubungan dengan siswa).
7).    Menyampaikan materi Bimbingan Karier di kelas 1 jam/kelas.
8).    Bersama-sama membantu piket secara khusus, terutama bagi siswa terlambat hadir ( di ruang isolasi).
9).    Membuat Laporan Keuangan
g.                                               Administrasi Humas
a.    Dengan tokoh masyarakat setempat dan pertemuan dengan orang tua wali murid
b.    Dengan instansi luar dan dunia usaha dalam kerjasama dengan muspida setempat.
c.    Dengan alumni
d.   Dengan sekolah Negeri / swasta luar daerah
h.            Administrasi Perpustakaan
Tugas bagian administrasi perpustakaan meliputi :
a.       Melayani pemberdayaan perpustakaan.
b.      Mendata buku perpustakaan
c.       Menerima buku-buku perpustakaan dan memprosesnya
d.      Mengisi buku induk buku
e.       Mengatur klasifikasi buku dan tata letak buku
f.       Menyediakan buku peminjam/pengunjung perpustakaan.
g.       Merekap jumlah peminjam buku dan pengunjung
2.                                        Data Guru
a.       Jumlah Guru
         Data guru di SMP NURI Samarinda dapat dilihat  pada tabel berikut ini :
        Tabel 1.          Data Keadaan Guru SMP NURI Samarinda
No
Bid.Studi
Jumlah Guru
Ket
1
Agama Islam
2 orang

2
Agama Kristen Protestan
-

3
Agama Kristen Katolik
-

4
Agama Hindu
-

5
Agama Budha
-

6
PPKn
2 orang

7
Bahasa Indonesia
2 orang

8
Bahasa Inggris
2 orang

9
IPS
2 orang

10
IPA
2 orang

11
Matematika
2 orang

12
Kerajinan Tangan
2 orang

13
Pendidikan Jasmani/Kesehatan
1 orang

14
Kesenian Daerah
1 orang

15
Kerajinan Daerah
1 orang

16
Tata Buku
1 orang


b.      Kesesuaian Pendidikan Guru dengan Mata Pelajaran
Tabel 2.  Data Keadaan Pendidikan Guru
No
Bid.Studi
Jumlah Guru
S-1
Sarjana Muda
1
Agama Islam
2
2

2
Agama Kristen Protestan
1
1

3
Agama Kristen Katolik
1
1

4
Agama Hindu



5
Agama Budha



6
PPKn
2
2

7
Bahasa Indonesia
2
2

8
Bahasa Inggris
2
2

9
IPS
3
3

10
IPA
4
3
1
11
Matematika
2
2

12
Kerajinan Tangan
2
1
1
13
Pendidikan Jasmani/Kesehatan
2
2

14
Kesenian Daerah
1
1

15
Kerajinan Daerah
1

1
16
Tata Buku
2
2


Sumber : SMP NURI Samarinda tahun 2006
3.                                        Keadaan Siswa
 a.      Jenis siswa berdasarkan Kelas dan Jenis Kelamin
Ditahun 2006 / 2007 jumlah siswa yang terdaftar dapat dilihat dengan rincian sebagai berikut:
Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki – Laki
Perempuan
I-A
17
17
34
I-B
17
18
35
I-C
14
16
30
II-A
15
19
34
II-B
14
17
31
II-C
16
18
34
III-A
17
18
35
III-B
16
20
36
III-C
17
20
37
III-D
16
18
34
III-E
17
18
35
JUMLAH
176
199
375

                         
            Sumber : Tata Usaha SMP NURI Samarinda tahun 2006.
b.         Daya serap siswa
            Daya serap siswa SMP NURI Samarinda untuk mata pelajaran tertentu yang diteliti adalah sebagai berikut :

Tabel  3.            Daya Serap Siswa
Sumber            : SMP NURI Samarinda Tahun 2006.
MATA PELAJARAN
KELAS
I
II
III
Ekonomi
68 %
67 %
67 %
Matematika
59 %
56 %
66 %
Agama
73 %
63 %
66 %
Bahasa Inggris
62%
64 %
66 %
PPKn
71 %
70 %
71 %
IPA
61 %
54 %
64 %

B.     Tahapan Bermain Sepakbola
1.        Analisis Gerakan Menendang Bola
Analisis gerak menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam adalah sebagai berikut: Posisi badan berada di belakang bola, sedikit serong + 400 dari garis a. lurus bola, kaki tumpu diletakkan di samping belakang bola +30 cm dengan ujung kaki membuat 400 dengan garis lurus bola. b. Kaki tendang berada di belakang bola dengan ujung kaki serong + 400 ke arah luar. Kaki tendang tarik ke belakang bola dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola. Perkenaan kaki dengan bola tepat di punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola dan pada saat kaki mengenai bola pergelangan kaki dikunci. c. Gerak kaki lanjutan kaki tendang diangkat dan di arahkan kedepan d. Pandangan mengikuti jalannya bola ke sasaran e. Lengan dibuka berada di samping badan sebagai keseimbangan. (Sucipto dkk, 2000:21) Teknik tendangan dengan kura-kura kaki bagian dalam dapat digambarkan sebagai berikut: Gambar 4. Tendangan dengan kura kura kaki bagian dalam. Sumber: Sepakbola, Sucipto (2001:21) Gambar 5. Teknik tendangan dengan kura kura kaki bagian dalam. Sumber: Teknik Dasar Bermain Sepakbola, Sukatamsi (1988:118-119) Uraian di atas dapat diketahui bagaimana teknik atau pola dasar melakukan tendangan lambung yang baik dan benar. Agar para siswa dapat melakukan tendangan lambung sejauh mungkin maka diperlukan suatu bentuk latihan teknik dan fisik terutama yang dapat meningkatkan kemampuan tendangan lambung dalam permainan Sepakbola. Seorang pemain untuk dapat menendang bola dengan hasil yang terjauh pada tendangan lambung secara teoritis tergantung pada: a) sudut elevasi saat bola lepas dari kaki dan, b) kecepatan gerak bola saat meninggalkan kaki. Sudut 45 0c adalah sudut maksimum untuk menghasilkan tendangan terjauh berdasarkan rumus R, jarak horizontal maksimal ditentukan oleh besarnya Sin 2 α.Harga Sin 2 α = 1, bila sudutnya 900 maka α = 900 / 2 = 450 , maka dengan rumus R = V02 Sin 2 α, atau jarak vertikal St = V02 Sin 2 α g (Soedarminto : 33)
Jauhnya tendangan dapat diketahui melalui biomekanika sudut lambung bola yang sesuai dapat dilihat pada gambar berikut ini: Gambar 6. Lintasan gerak yang ditentukan oleh bola dengan kecepatan yang sama pada sudut yang berbeda. Sumber: Applied Kinesiology and Bio mechanics, Jensenn R, Clayne (1984:48)3.
2.        Metode Latihan
Pengertian Latihan. Latihan menurut Groser, Starishka/Zimerman (2001:8) terjemahan dari Paulus Levinus Pasurney adalah kumpulan pengertian dari semua usaha dalam proses peningkatan prestasi (termasuk pula usaha untuk mempertahankan prestasi). Sisi biologi kedokteran olahraga pada proses peningkatan prestasi ini, dilakukan rangsangan-rangsangan yang meningkat melalui gerak-gerak yang terarah dan sistematis dengan tujuan terjadi penyesuaian pada otot dan fungsi organ tubuh.
Dari teori  pendidikan, proses peningkatan prestasi ini terjadi karena perencanaan dan cara mempengaruhi yang di arahkan secara khusus pada peningkatan manusia seutuhnya. Penentu berhasilnya seorang atlet berprestasi ditentukan oleh banyak faktor, menurut Uen Hartiawan bahwa skema atlet berprestasi adalah sebagai berikut; Gambar 7. Kualitas Latihan dan Faktor-Faktor Pendukung Sumber : Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching, Uen hartiwan (2006:139) Hakekat dan tujuan kepelatihan olahraga ialah meningkatkan ilmu, ketrampilan, dan kinerja peserta pelatihan setinggi mungkin agar para olahragawannnya mampu berprestasi semaksimal mungkin. Karena itu tugas seorang pelatih adalah membantu atlet-atletnya untuk meningkatkan prestasi olahraga semaksimal mungkin. Menurut Rusli Lutan (2003:
Ada empat aspek yang perlu dilakukan pelatih kepada para atlitnya untuk memaksimalkan prestasi, yaitu: a) aspek fisik, b) aspek teknik, c) aspek taktik dan d) aspek mental. Keempat aspek tersebut harus diterapkan secara sistematis berencana, sinergis dan serempak. Satu saja aspek tidak dilatihkan, tidak mungkin prestasi maksimal akan terwujud. Seorang pemain Sepakbola yang terampil dan sukses menurut Timo Scheunemann (2005:17) menjelaskan bahwa faktor yang menentukan kesuksesan yaitu: a) faktor genetik, b) faktor kedisiplinan, c) faktor latihan, dan d) faktor keberuntungan. Beberapa anjuran bagi pelatih dalam mendidik pemain agar kesuksesan dapat tercapai antara lain: a) canangkan pentingnya disiplin, b) anjurkan makan- makanan yang bergizi, hidup sehat dan istirahat cukup, c) jadilah contoh yang baik, d) luaskan wawasan anda sebagai pelatih (Never stop learning), dan e) buat program yang terarah.
Prinsip-Prinsip Latihan. Latihan harus berpedoman pada teori dan prinsip latihan yang benar dan sudah diterima secara universal. Tanpa berpedoman pada teori dan prinsip latihan, latihan sering kali menjurus ke praktek mala pelatih (Mal-praktek) dan latihan tidak sistematis-metodis sehingga peningkatan prestasi tidak tercapai.Menurut Tohar (2002:4) prinsip-prinsip latihan yang paling penting untuk dijadikan pedoman dalam meningkatkan prestasi dan performa dalam olahraga adalah: a) Pemanasan tubuh (Warming Up), b) Metode latihan, c) Berfikir positif, d) Prinsip beban lebih, e) Intensitas latihan. Ngurah Nala (1998:12) menambahkan bahwa dasar latihan mengandung 7 buah prinsip, yakni: a) Prinsip aktif dan bersungguh- sungguh dalam latihan, b) Prinsip pengembangan lateral, c) Prinsip spesialisasi, d) Prinsip Individualisasi, e) Prinsip Variasi atau keserbaragaman, f) Prinsip menggunakan model, g) Prinsip peningkatan beban progesif dalam pelatihan. Prinsip latihan yang lainnya menurut E.L. Fox yang dikutip M. Sajoto (2002.30) menyebutkan prinsip latihan ada 4 yaitu: a) Prinsip over load, b) Prinsip penggunaan beban secara progresif, c) Prinsip pengaturan latihan, d) Prinsip kekhususan program latihan. Prinsip-prinsip latihan olahraga menurut J.C. Radclife dan R.C. Farentinous yang diterjemahkan oleh M. Furqon dan Muchsin Doewes (2002:8), menjelaskan bahwa prinsip-prinsip olahraga tertentu bisa diterapkan kedalam bentuk-bentuk latihan yang lain, juga berlaku untuk Pliometrik. Salah satu prinsip yang paling mendasar dan banyak diterima adalah prinsip beban lebih yang progresif (Progresif Overload), prinsip spesifikasi (kekhususan) keterlibatan utama dengan semua olahraga.
3.        Prinsip Latihan
Prinsip latihan menurut Annarino, A.A(1976:287) bahwa prinsip latihan adalah sebagai berikut : a) Kekhususan latihan (Specific of training), b) Determining the pre dominan energy system, c) The Overload principle-intensitas, frekuency and duration of training, d) Training phases, e) Pre liminary exercise (warm-up), e) Warm down or cooldown Berdasakan beberapa teori dari ilmuwan di atas bahwa prinsip-prinsip latihan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
 a. Pemanasan Tubuh (Warming Up) Pemanasan tubuh (Warming up) penting dilakukan sebelum berlatih. Tujuan pemanasan ini adalah untuk mengadakan perubahan dalam fungsi organ tubuh, guna menghadapi kegiatan fisik yang lebih berat. Selain itu untuk: 1) menghindari diri kemungkinan cedera, 2) mengkoordinasikan gerakan yang mulus, 3) menyesuaikan diri organ tubuh untuk bekerja lebih berat, dan 4) kesiapan mental kian meningkat. Pemanasan mempunyai manfaat yang utama adalah untuk menghindari kemungkinan terkena cedera otot dan sendi. Tata cara pemanasan tubuh dengan aktifitas jasmani yang baik adalah sebagai berikut: 1) semua otot dan sendi diregangkan dengan menggunakan metode latihan peregangan statis, 2) melakukan jogging, 3) senam dengan menggunakan metode latihan peregangan dinamis terutama pada otot dan sendi, 4) Wind-Sprint yaitu suatu jenis kegiatan lari dengan kecepatan yang kian lama kian tinggi (lari akselerasi) sejauh 50 – 60 km (Tohar, 2002:4).
 b. Metode Latihan Untuk mempercepat peningkatan prestasi menurut Tohar (2002:5), latihan tidak cukup hanya dilakukan secara motorik (gerakan saja). Latihan nirmotorik (tanpa gerakan). Latihan ini dilakukan dengan melihat gambar atau film mengenai gerakan yang akan dilakukan.
c. Berpikir Positif Berpikir positif adalah perilaku positif untuk melakukan kata hati yang kuat, tak mau menyerah dan mampu, maka hasil latihan tersebut juga positif dan betul-betul mampu melaksanakan latihan dengan baik (Tohar, 2004: 6)
 d. Prinsip beban lebih (Overload) Prinsip beban lebih adalah prinsip latihan yang menekankan pada pembebanan latihan yang semakin berat. Prinsip ini mengatakan bahwa beban latihan diberikan pada atlet haruslah secara periodik dan progresif ditingkatakan, kalau beban latihan tidak pernah ditambah, maka berapa lamapun dan seringpun atlet berlatih, prestasi tak mungkin akan meningkat (Rusli Lutan 2003:2). Prinsip beban lebih yang progresif, telah berhasil digunakan untuk mengembangkan kekuatan, power dan daya tahan. Hubungan antara meningkatnya kekuatan otot dan beban lebih yang resistif yang menggunakan beban telah dipahami dengan baik, karena penekanannya pada pengembangan power dalam latihan Pliometrik, dan karena power diartikan sebagai kekuatan dan frekuensi atau kekutan yang terbagi dengan waktu, maka beban lebih resistif dan temporal harus diberikan. Pada Pliometrik beban lebih resistif berupa perubahan-perubahan arah yang tepat pada suatu anggota tubuh atau seluruh tubuh. (J.C. Radclife dan R.C. Farentinous diterjemahkan oleh M. Furqon H. dan Muchsin Doewes, 2002.8).
 e. Prinsip aktif dan bersungguh-sungguh Setiap pemain dituntut untuk selalu bertindak aktif dalam segala hal, tidak pasif hanya berlatih jika ada pelatih, dan berlatih jika pelatih tidak ada. Disamping itu, pemain jarang berani mengambil inisiatif sendiri untuk melakukan jenis latihan yang cocok. Bila ingin menjadi pemain yang berprestasi, maka partisipasi dan kesungguhan berlatih harus sudah tertanam dalam diri pemain (Ngurah Nala, 1998:12).
 f. Prinsip Pengembangan Lateral Latihan dijuruskan kepada spesifikasi olah raga yang digeluti, hendaknya atlet dibekali terlebih dahulu dengan pelatihan dasar kebugaran badan (Physical Fitnes) dan komponen biomotorik yang mampu menunjang latihan berikutnya. Selain mengembangkan sepuluh komponen kondisi fisik, dikembangkan pula seluruh organ dan sistema yang ada dalam tubuh, baik yang menyangkut proses fisiologis maupun psikologisnya.  Jenjang latihan olah raga menurut Tohar Top Prestasi Spesialisasi Perkembangan Multi Lateral Gambar 8. Jenjang Latihan Olahraga Sumber : Ilmu Kepelatihan Lanjut, M. Tohar (2002: 15).
 g. Prinsip Spesialisasi ( Specific of training ) Pengembangan latihan multilateral sesudahnya maka dilanjutkan dengan pengembangan khusus atau spesialisasi sesuai dengan cabang olah raga yang digeluti prinsip pada pelatihan ini, jika menyangkut anak-anak, maka masalah umur mereka perlu di perhatikan. Pelatihan spesialisasi baru dimulai setelah disesuaikan dengan umur yang sesuai untuk cabang olahraga yang dipilih oleh anak atau atlet yang bersangkutan (Ngurah Nala, 1998: 13). Spesialisasi cabang olahraga menurut Ngurah Nala, khusus cabang olahraga bahwa anak mulai dilatih olahraga sepakbola pada umur 10 – 12 tahun, umur-umur dilatih spesialisasi pada umur 11 – 13 tahun, dan puncak prestasi dicapai pada umur 18 – 24 tahun. Seorang pemain sepakbola untuk memulai latihan menurut Bompa yang dikutip Tohar (2002;15) menjelaskan bahwa cabang olahraga sepakbola juga dimulai pada usia 10 – 12 tahun, spesialisasi 11 – 13 tahun, dan prestaasi puncak 18 – 24 tahun.
h. Prinsip Individualisasi Sepakbola merupakan olahraga beregu yang di dalamnya berisi banyak pemain yang mempunyai kemampuan, potensi, karakter berlatih dan spesifikasi berbeda, oleh karena itu pelatihannyapun akan berbeda, tidak semua jenis pelatihan dapat disama ratakan atau diseragamkan untuk seluruh pemain, Ngurah Nala (1998:296).
 i. Pinsip keberagaman/ variasi Prinsip keberagaman yaitu macam dan jenis pelatihannya harus bermacam-macam (variasi ) tidak monoton agar para pemain tetap bersemangat dalam berlatih. Variasi pelatihan yang dipilih harus tetap mengacu pada tujuan pelatihan. Bila variasi pelatihan yang diberikan menyimpang dari tujuan pelatihan, maka hasil yang dicapai tentunya akan berbeda dari tujuan.
j. Prinsip penggunaan model proses latihan. Model latihan adalah suatu pelatihan simulasi, suatu bentuk pelatihan isomorphosis, yang mirip atau hampir meyerupai permainan atau pertandingan yang sesungguhnya. Contohnya: atlet berlatih melakukan semua gerakan atau simulasi dengan kondisi yang mungkin akan dialami tatkala bertanding, dengan kata lain prinsip penggunaan model disebut juga pelatihan bayangan (shadow playing). Artinya, pemain tersebut ketika  berlatih melakukan gerakan-gerakan yang mirip ketika dia menghadapi lawan yang sebenarnya (Ngurah Nala, 1998;296)
k. Fase-fase Latihan (Training Phases) Fase-fase latihan diklasifikasikan kedalam 3 periode . Total training pada atlet kedalam 3 fase, yaitu: off season, pre season, dan in- season. Fase-fase latihan juga biasanya untuk menentukan tujuan dan program latihan dari tahap satu ke tahap lainnya. l. Prinsip penggunaan Energi system (Determining the predominant energy system) m. Pendinginan (Cooling Down) Cooling down bertujuan untuk memulihkan kondisi badan kekondisi semula. Tujuan melakukan cooling down menurut Annarino, A.A (1976: 300) yaitu: ……… blood and muscle lachid acid levels decrease more rapidly during exercise – recovery than during rest recovery. This, warm-down would promote faster recovery from fatique. Artinya: …….. darah dan kadar asam laktat otot akan berkurang secara cepat selama istirahat aktif (Excerise- recovery) dari pada istirahat pasif (Rest recovery) 5. Power Otot Tungkai pada Tendangan Lambung Pengertian power otot tungkai menurut M. Furqon H. dan Muchsin Doewes (2002:9) menjelaskan bahwa power diartikan sebagai kekuatan dan frekuensi atau kekuatan yang terbagi dengan waktu, maka beban lebih resistif dan temporal harus diberikan.
Pada latihan-latihan peningkatan power (pliometrik), beban lebih resistifnya berupa perubahan arah yang cepat pada suatu anggota tubuh atau seluruh tubuh, seperti mengatasi gaya akibat terjatuh, naik anak tangga, terpental, meloncat, melangkah lebar atau melompat. Beban lebih temporal dapat dilakukan dengan berkonsentrasi pada pelaksanaan gerakan secepat dan seintensif mungkin.
4.        Latihan Pliometrik
Daya otot adalah sama dengan kekuatan explosive power dari otot tergantung dari dua faktor yang saling berkaitan yaitu: Jadi: Power = kekuatan x kecepatan. = Kekuatan x jarak Waktu (M. Sajoto, 2002:22) Pelatihan pliometrik menurut Ngurah Nala (1998: 59), pelatihan pliometrik dianggap sebagai salah satu pelatihan yang efektif untuk meningkatkan daya ledak, baik pada pelari jarak jauh ataupun pelari jarak pendek, pelompat tinggi, pelompat jauh atau meloncat ketika mensmash shutle cock pada pemain bulu tangkis atau voli.
Latihan pliometrik merupakan salah satu usaha yang ditujukan untuk meningkatkan daya ledak explosive dan kecepatan reaksi. Pengembangan ini terbina akibat sebagai adanya perbaikan pada reaksi sistem syaraf serta kekuatan untuk meredam guncangan keseimbagan pendaratan sewaktu kaki menginjak lantai dari melompat. Aktivitas ini sebenarnya merupakan perpaduan antara kontraksi eksentrik yang diikuti segera oleh kontraksi konsentrik otot skeletal. Latihan pliometrik ini disamakan dengan tipe latihan ekplosif – reaktif. Gerakannya diawali dengan tekanan eksentrik, tekanan eksentrik terjadi tatkala otot mulai memanjang. Otot diberi beban secara tiba-tiba dan dipaksa meregang sebelum terjadi kontraksi konsentrik dan menghasilkan gerakan.
Takaran latihan tergantung pada tujuan latihan, terkait pada bentuk atau jenis latihan yang dipergunakan, umur individu atlet, dan latar belakang atlet, pemula atau profesional, dan sebagainya. Gerakan-gerakan pada permainan sepakbola terdapat gerakan lari, loncat, menendang, menghentakkan, dan menangkap bola bagi penjaga gawang. Semua gerakan tersebut terangkai dalam suatu pola gerak yang diperlukan pemain dalam menjalankan tugasnya dilapangan. Meninjau kembali latihan pliometrik bahwa pelatihan pliometrik adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan daya ledak otot, pelari jarak pendek, pelompat jauh, dan atau peloncat.
Komponen-komponen gerak yang digunakan dalam bermain sepakbola (lompat, loncat, menghentak) yang mana gerakan tersebut membutuhkan power yang maksimal, sehingga latihan pliomterik sangat cocok untuk pemain sepakbola. Power digunakan pada saat bola lepas dari kaki, semakin power otot yang mendukung gerakan tersebut semakin besar pula kecepatan yang dihasilkan. Pelaksanaan tendangan lambung kana menjadi efektif bila pemain memiliki teknik gerakan menendang yang baik dan benar serta didukung kondisi fisik yang dibutuhkan telah terpenuhi, yaitu komponen kondisi fisik power otot tungkai.
 Metode latihan yang tepat guna meningkatkan power otot tungkai yaitu dengan metode pliometrik.Gerakan menendang dibutuhkan gerakan ekplosive dari otot tungkai maka peranan dari pelatihan pliometrik sangat besar guna meningkatkan power otot tungkai. Sebagian besar latihan adalah khusus gerakan tungkai dan pinggul, karena kelompok ini merupakan pusat power gerakan olah raga dan mempunyai peranan utama dengan semua olahraga.
Gerakan pliometrik ditujukan kepada tiga kelompok otot besar dalam tubuh, yakni kelompok otot tungkai dan pinggul, kelompok otot bagian tengah tubuh yaitu otot perut, punggung dan kelompok otot dada, bahu, dan lengan. Tetapi, tekanan pelatihannya terutama ditujukan terhadap kelompok otot tungkai dan pinggul (M. Furqon dan Muchsin Doewes, 2002:22) dengan cara :
1)      Bounding, yaitu loncatan dengan kedua talapak kaki bertumpu pada lantai melembung maksimum ke atas agar tercapai loncatan horizontal sejauh jauhnya.
2)      Leapping, yaitu meloncat vertikal dan horizontal semaksimum   mungkin, dengan dua loncat atau satu lompat tungkai.
3)      Hoppping, yaitu loncatan dua tapak kaki vertikal maksimum dengan didahului menekukan tungkai pada lutut, dimana yang dipentingkan adalah luasnya gerakan sendi lutut.
4)      Jumping, yaitu meloncat setinggi mungkin tanpa meghiraukan berapa jauhnya loncatan horizontal kedepan.
5)      Skepping, yaitu melompat dan melangkah bergantian dengan tujuan baik tinggi lompatan maupun jauhnya jarak lompatan horizontal,
6)      Ricochet, yaitu meloncat dengan cepat, dimana tinggi dan jauhnya loncatan seminimal mungkin. Latihan pliometrik bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot.
5.        Latihan Daya Ledak
Latihan daya ledak otot tungkai pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai materi latihan dengan latihan pliometrik. Salah satu cara latihan pliometrik tersebut adalah knee tuck jump dan barrier hops. 6. Pedoman Pelaksanaan Pliometrik Daya ledak terjemahan dari kata power, merupakan salah satu komponen biomotorik, yang identikan dengan kekuatan eksplosive (eksplosive strength).
Daya ledak di bagi sesuai spesifikasinya atas: 1) daya ledak eksplosive (Explosive power), 2) daya ledak cepat (speed power), 3) daya ledak kuat (strength power), 4) daya tahan lama (endurance power). Daya ledak (power) ini adalah kerja yang dapat dilakukan dalam satu kesatuan waktu.
Kepentingan daya ledak di dalam olahraga yang dimaksud adalah daya ledak eksplosive, yang terdiri atas dua kelompok biomotorik, yakni unsur kekuatan (strength) dan kecepatan (speed), bila pelatihan ditekankan pada komponen kekuatannya, maka menjadi daya ledak kekuatan (strength power), kalau penekanannya pada latihan kecepatannya, maka hasilnya berupa daya ledak kecepatan (speed power). Jika penekanan pelatihan pada daya tahannya, maka akan dihasilkan daya ledak daya tahan (endurance power).
Dengan demikian  elemen utama yang ditingkatkan dalam pelatihan daya ledak ini adalah: 1) Intensitas, kecepatan gerakan yang tinggi (berupa gerakan per menit), 2) Volume, jumlah repetisi, waktu Interval Istirahat selama 2 – 3 menit bila beban dibawah 85 % dari kemampuan maksimal, dan 3 – 5 menit jika beban lebih besar dari 85 %, 3) Frekuensi latihan sebanyak 3 – 4 kali per minggu (Ngurah Nala, 1998: 58) Dalam pliometrik ada pedoman-pedoman khusus untuk melakukan latihan yang tepat dan efektif yang harus diikuti sehingga latihan akan sesuai dengan yang diinginkan, menurut JC. Radclife dan Robert C.
Farentinos yang diterjemahkan oleh M. Furqon H dan Muchsin Doewes menyebutkan pedoman pelaksanaan latihan pliometrik antara lain: Pedoman
1. Pemanasan dan Pendinginan (Warm Up dan Warm Down). Pliometrik membutuhkan kelenturan dan kelincahan, maka semua latihan harus diikuti dengan periode pemanasan dan pendinginan yang tepat dan memadai. Joging, lari, peregangan, dan kalistenik sederhana merupakan aktifitas yang sangat dianjurkan sebelum dan sesudah latihan.
2.   Intensitas Tinggi Intensitas merupakan faktor penting dalam latihan pliometrik. Kecepatan pelaksanaan dengan kerja maksimal sangat penting untuk memperoleh efek latihan yang optimal. Kecepatan peregangan otot lebih penting dari pada besarnya peregangan. Respon reflek yang dicapai makin besar jika otot diberi beban yang cepat. Karena latihan-latihan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh (intensif), maka penting untuk diberikan kesempatan beristirahat yang cukup diantara serangkaian latihan terus-menerus. 
3.   Beban Lebih yang Progresif. Program latihan Pliometrik harus diberikan beban lebih yang resistif, temporal, dan spatial. Beban lebih yang tepat ditentukan dengan mengontrol ketinggian turun atau jatuhnya atlet beban yang digunakan, dan jarak tempuh. Pemberian beban yang tidak tepat dapat mengganggu keefektifan latihan atau bahkan menyebabkan cedera. Jadi, dengan menggunakan beban yang melampui tuntutan beban lebih yang resistif dari gerakan-gerakan pliometrik tertentu dapat meningkatkan kekuatan tetapi tidak meningkatkan power eksplosive. Beban yang dapat digunakan seperti bola medicine, dumbell, atau sekedar berat tubuh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beban berat badan dari kemampuan maksimal selama satu menit.
4 .Memaksimalkan Gaya dan Meminimalkan Waktu Gaya maupun kecepatan gerak sangat penting dalam pliometrik dalam berbagai hal, titik beratnya adalah kecepatan dimana suatu aksi tertentu dapat dilakukan. Misalnya, dalam nomor tolak peluru, sasaran utama adalah mengunakan gaya maksimum selama gerak menolak. Makin cepat rangkaian aksi yang dilakukan, maka makin besar gaya yang dihasilkan dan makin jauh jarak yang dicapai.
5.   Lakukan sejumlah Ulangan Banyaknya ulangan atau repetisi berkisar antara 8 sampai 10 kali dengan semakin sedikit ulangan untuk rangkaian yang lebih berat dan lebih banyak ulangan untuk latihan-latihan yang lebih ringan. Berbagai kajian di Jerman Timur (Gambella,1981) mengisyaratkan 6 sampai 10 set untuk sebagian besar latihan, sedangkan kepustakaan Rusia (Veroshinski, 1966) menyarankan 3 sampai 6 set, terutama untuk latihan-latihan lompat yang lebih berat. Banyaknya ulangan tidak hanya ditentukan oleh intensitas latihan, tetapi juga oleh kondisi atlet, pelaksanaan tiap ulangan, dan nilai hasil. Mengingat latihan tersebut untuk meningkatkan reaksi syaraf, otot, keekplosifan, kecepatan dan kemampuan untuk membangkitkan gaya (tenaga) ke arah tertentu.
6.   Istirahat yang Cukup Periode istirahat 1 – 2 menit disela-sela set biasanya sudah memadai untuk system neuromoskuler yang mendapat tekanan karena latihan pliometrik untuk pulih kembali. Periode istirahat yang cukup juga penting untuk pulih kembali. Periode yang cukup juga penting untuk pemulihan yang semestinya untuk otot, ligamen, dan tendon. Latihan pliometrik 2 – 3 hari perminggu tampaknya dapat memberikan hasil optimal.
7.   Bangun Landasan yang Kuat Terlebih Dahulu. Landasan kekuatan penting dan bermanfaat dalam pliometrik, maka suatu program latihan beban harus dirancang untuk mendukung, dan bukannya menghambat pengembangan power eksplosive.
8. Program Latihan Individualisasi. Untuk menghasilkan hasil yang terbaik, program latihan pliometrik dapat diindividualisasikan, sehingga kita harus tahu apa yang dapat dilakukan oleh tiap-tiap atlet dan seberapa banyak latihan yang dapat membawa manfaat. Banyak pemuka dibidang olahraga menyarankan adanya tes-tes yang sederhana guna dijadikan landasan untuk mengindividualisasikan latihan tersebut, sekalipun misalnya tes tersebut tidak berdasarkan temuan penelitian yang memadai.
      Gerakan Pliometrik menurut M. Furqon dan Muchsin Doewes (2002:12) dirancang untuk menggerakkan otot pinggul dan tungkai, dan gerakan otot khusus yang dipengaruhi oleh Bounding, Hopping, Jumping, Leapping, Skipping, Ricochet. Latihan Pliometrik bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot. Latihan daya ledak otot tungkai pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai materi latihan dengan metode Pliometrik. Salah satu materi latihan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai adalah latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops. Knee Tuck Jump dalam pelaksanaannya mempunyai aturan sendiri, menurut J.C. Radclife dan R.C. Farentinous yang diterjemahkan oleh M. Furqon dan Muchsin Doewes (2002:41),
C.      Tehnik Tuck Jump dan barrier hops
Knee Tuck Jump adalah latihan yang dilakukan pada permukaan yang rata dan berpegas seperti rumput, matras atau keset. Latihan ini dilakukan dalam suatu rangkaian loncatan eksplosif yang cepat. Otot-otot yang dikembangkan adalah flexors pinggul dan paha, gastronemius, gluteals, quadriceps dan hamstrings. Petunjuk pelaksanaan Knee Tuck Jump Posisi awal : Ambil sikap berdiri tegak lurus. Tempatkan kedua telapak tangan menghadap ke bawah setinggi dada. Pelaksanaan : Mulailah dengan posisi quarter-squad, kemudian loncatlah ke atas dengan cepat. Gerakan lutut ke atas ke arah dada dan usahakan menyentuh telapak tangan. Setelah mendarat segeralah mengulangi gerakan ini. Lakukan 2 sampai 4 set, jumlah ulangan 10 – 20 kali dan waktu istirahat antara 1 – 2 menit diantara set. Gambar 9. Latihan Knee Tuck Jump Sumber : James C. Radcliffe dan R.C Farentinus (2002: 41) Latihan daya otot (eksplosif power) tungkai yang kedua adalah dengan Barrier Hops (loncat rintangan). Menurut Donal A. Chu (1992:40).
Latihan Barrier Hops adalah: “latihan yang dilakukan pada gawang-gawang atau rintangan-rintangan yang tingginya (antara 30 – 90 cm) diletakkan disuatu garis dengan jarak yang ditentukan dengan kemampuan. Rintangan akan jatuh bila atlet membuat kesalahan, start dimulai dengan berdiri di belakang rintangan, gerakan meloncat yang melewati rintangan-rintangan dengan kedua kaki bersamaan. Gerakan dimulai dari pinggang dan lutut merenggang. Gunakan ayunan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan dan mencapai ketinggian. Lebih jelasnya lihat gambar. Gambar 10.
Latihan Barrier Hops Sumber : Donal A Chu (1940: 40) 7. Tinjauan Fisiologi Metode Pliometrik Tinjauan fisiologi metode Pliometrik menurut J.C. Radclife dan R.C. Farentinous terjemahan M. Furqon dan Muchsin Doewes, menjelaskan bahwa Pliometrik gerakannya berdasarkan pada kontraksi refleks serabut-serabut otot sebagai akibat pembebanan cepat (dan dengan demikian peregang) serabut-serabut otot yang sama. Reseptor sensori yang utama yang bertanggung jawab atas deteksi pemanjangan serabut-serabut otot yang cepat ini adalah Muscle Spinalis, yang mampu  memberi respon kepada besaran dan kecepatan perubahan panjang serabut-serabut otot.
Jenis reseptor peregangan lainnya, yakni organ tendon golgi, terletak dalam tendon-tendon dan memberi respon terhadap tegangan yang berlebihan sebagai akibat kontraksi yang kuat dan atau peregangan otot. Kedua reseptor sensori yang terkait dengannya, berfungsi pada tingkat refleks. Meskipun tidak ada persepsi sensori yang terkait dengannya, tetapi keduanya menghantar sejumlah besar informasi ke otak (Cerebellum dan Cerebral cortex) melalui sumsum tulang belakang.
Tinjauan Secara Anatomi Latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops Gerakan latihan barrier hops perlu dianalisa guna mendukung hipotesa secara anatomi. Secara anatomi gerakan barrier hops melibatkan otot tungkai bagian atas dan otot tungkai bagian bawah sehingga semua otot yang ada dibagian tersebut bekerja menerima beban latihan. Latihan ini sama-sama melatih kekuatan dan kecepatan otot tungkai atau disering disebut power otot tungkai.
Gerakan fleksi paha (gerakan menekuk paha), otot-otot yang berperan adalah otot sartorius, illiacus dan gracialis. Gerakan ekstensi paha (gerakan meluruskan paha), otot-otot yang terlibat yaitu bisep femoris, semitedinosus (kelompok harmstring) dan juga gluteus maksimus dan minimus. Gerakan fleksi lutut dan kaki (gerakan menekuk lutut dan kaki), otot-otot yang berperan yaitu Gastronemius. Gerakan ekstensi lutut yaitu suatu gerakan latihan kaki untuk meluruskan kedua lutut bersamaan, otot- otot yang berperan yaitu otot rectus femoris, vastus lateralis, vastus medialis dan intermedialis (kelompok quadriceps).









BAB IV
ANALISIS MASALAH
Pengaruh Latihan Knee Tuck Jump Terhadap Hasil Tendangan Melambung Jarak Jauh. Dalam permainan sepakbola dibutuhkan kondisi fisik yang bagus, disamping penguasaan teknik dalam bermain sepakbola, untuk menghasilkan tendangan lambung yang jauh dengan arah yang tepat tentu dibutuhkan teknik menendang yang benar serta dukungan otot tungkai yang baik.
Usaha untuk meningkatkan power otot tungkai dapat dilakukan dengan cara atau metode pliometrik, yaitu dengan latihan knee tuck jump (jump in place). Knee tuck jump ( tuck jump with knee up) adalah suatu rangkaian gerakan loncat yang eksplosive secara cepat di tempat. Latihan ini tidak menggunakan alat sehingga akan lebih efektif dan efisien. Latihan ini dilihat dari gerakannya (biomekanika) latihan knee tuck jump menekankan pada loncatan yang maksimal, sedangkan kecepatan pelaksanaan merupakan faktor kedua, dan jarak horizontal tidak diperhatikan pada saat jumping. Anatomi fungsional jumping meliputi (1) Fleksi paha, melibatkan melibatkan otot Sartorius, Iliacus dan Gracillis, (2) Ekstensi lutut, melibatkan otot-otot Vastus Laterali, Medialis, dan Rektus Vemoris; (3) Ekstensi tungkai, melibatkan otot-otot Biceps Femoris, Semitendinosus, dan Semimembranosus; dan (4) Aduksi paha, melibatkan otot-otot Gluteus Medius dan Mininous dan adductor longus, brevis, magnus, minimous dan hallucis. Latihan Knee Tuck Jump otot-otot yang dikembangkan adalah flexors pinggul dan paha, Gastronemus, Gluteals, Quadriceps, dan Harmstrings. Knee Tuck Jump merupakan latihan untuk meningkatkan power otot tungkai dan pinggul
Latihan ini merupakan bagian dari latihan jumping pada metode pliometrik yang mana mencapai ketinggian maksimum diperlukan, sedangkan kecepatan pelaksanaan merupakan faktor kedua, dan jarak horizontal tidak diperlukan pada saat jumping.. Power otot tungkai dan pinggul di dalam dunia olahraga banyak berperan dalam meningkatkan prestasi atlit khususnya sepakbola dalam hal ini prestasi untuk menendang lambung jauh. Disaat menendang bola lambung jauh menurut Soedarminto 1976:secara teoritis bergantung pada sudut elevasi dan kecepatan gerak bola, dalam hal ini untuk bisa memberi kecepatan pada bola tentunya dibutuhkan suatu metode latihan yang didalamnya melatih kecepatan tungkai. Latihan Knee Tuck Jump merupakan salah satu latihan yang melatih kecepatan gerakan tungkai, maka latihan ini memberi bantuan untuk kecepatan tungkai dalam menendang lambung jauh.
Latihan Knee Tuck Jump merupakan bagian metode latihan pliometrik, metode ini melatih power otot tungkai yang mana power merupakan gabungan dari dua unsur yaitu kecepatan dan kekuatan (M. Sajoto, 2002:22), selain dua unsur tersebut dibutuhkan pula pengetahuan tentang tehnik menendang bola dengan benar. 2. Pengaruh Latihan Barrier Hops Terhadap Hasil Tendangan Lambung Jarak Jauh.
Latihan Knee Tuck Jump berbeda dengan latihan Barrier Hops, latihan Barrier hops menekankan pada loncatan untuk mencapai ketinggian maksimum ke arah vertikal dan kecepatan gerakan kaki, yakni mencapai jarak horizontal dengan tubuh, merupakan faktor kedua, sedangkan latihan Knee Tuck Jump menekankan pada ketinggian dan factor kecepatan malah di nomor duakan. Latihan Knee Tuck Jump, sampel meloncat tapi tidak melewati rintangan sedangkan pada Barrier Hops sampel berusaha melompati rintangan.
Barrier Hops merupakan salah satu dari metode latihan pliometrik yang mana latihan Barrier Hops bagian dari latihan Hopping. Hopping merupakan metode latihan pliometrik yang khusus meningkatkan power otot tungkai. Anatomi fungsional hopping meliputi 1) flexi paha, melibatkan otot Sartorius, Iliacus dan Gracillis, 2) Ekstensi lutut, melibatkan otot-otot tensor fascialatae, vastus lateralis, medialis, intermedius, dan rectus femoris, semitendinosus dan semi membranous  serta juga melibatkan otot-otot gastrocnemius, peroneus dan soleus, dan 3) Aduksi dan Abduksi Paha, melibatkan otot-otot gluteus medius dan minimus dan Adductorlongus, Brevis, magnus, minimus dan Hallucis.
Latihan Barrier Hops melatih power yang mana power merupakan gabungan dari dua unsur yaitu kecepatan dan kekuatan (M. Sajoto 2002:33). Sesuai teori dari Soedarminto bahwa untuk menendang bola dibutuhkan sudut tendangan dan kecepatan gerak bola, oleh karena latihan Barrier Hops melatih kekuatan dan kecepatan gerakan tungkai untuk memberi daya dorong pada bola supaya lebih cepat maka disinyalir latihan ini mempunyai kontribusi terhadap jauhnya tendangan.
Penelitian ini menggunakan satu instrumen penelitian yaitu : 1) Tes menendang bola lambung jauh, tes Barrier Hops dan tes Knee Tuck jump. Semua tes awal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan awal, setelah mengambil data tes awal maka selanjutnya melaksanakan program latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops selama 16 kali pertemuan. Tes tersebut terdiri dari tes awal (Pre-test) dan tes akhir (post-test) : 1. Tes Awal Tes awal yaitu dengan menendang lambung jarak jauh untuk mengetahui prestasi awal dari sampel . Kemudian hasil test di rangking dari yang paling tinggi ke yang paling rendah, sebanyak 30 anak. Hasil rangking tersebut kemudian dipasangkan dengan rumus ABBA, sehingga didapat 15 pasang anak sampel. Dari 15 pasang tersebut dipisah menjadi kelompok eksperimen 1 dan 2 dengan cara diundi.
Tes Akhir Tes akhir dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil menendang jarak jauh, setelah anak (sampel) melakukan program latihan yang diberikan. Sehingga peneliti bisa mendapatkan data sebagai bahan untuk menyimpulkan seberapa jauh pengaruhnya program latihan yang telah dilaksanakan selama penelitian. 3. Petunjuk Pelaksanaan Tes Menendang Bola Lambung Jauh Pelaksanaan tes tendangan lambung yaitu pemain melakukan tendangan lambung ke dalam lapangan tes dari bola diam yang berada pada garis tepi. Untuk mengukur hasil tendangan jauh dimulai dari batas bola ditendang sampai bola jatuh pertama kali di tanah lalu diukur dalam satuan meter Dalam tes ini bola yang keluar dari lapangan tes tidak dihitung atau gagal. Tes tendangan lambung ini pemain diberikan kesempatan tiga kali dan kemudian diambil nilai yang terbaik. 20m 5m 10m 15m 20m 25m 30m 35m Dst. Gambar 11. Lapangan Tes Tendangan Lambung (M. Barrow, PED, Physical Education Philadelphia, 1971:310).
Alat dan perlengkapan yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; a) Bola sepak 6 buah, b) Meteran gulung, c) Cones atau pembatas, d) Pencatat hasil/Formulir, e) Lapangan tes Program latihan adalah jumlah pertemuan yang dilaksanakan selama penelitian berlangsung. Program latihan ini berlangsung 17 kali pertemuan perlakuan (treatment) ditambah dua pertemuan untuk tes awal dan tes akhir. Menurut pendapat M. Sajoto (1998:48) program latihan yang dilakukan empat kali dalam seminggu selama enam minggu cukup efektif, namun rupanya pelatih melaksanakan tiga hari agar tidak menjadi kelelahan dengan lama latihan enam minggu atau lebih. Pemberian latihan harus memperhatikan prinsip-prinsip latihan yang meliputi pemanasan, inti, dan penenangan. F. Teknik Pengambilan Data Tehnik pengambilan data dilaksanakan dengan tes dan pengukuran, untuk memperoleh data yang objektif tentang hasil latihan siswa. Pengukuran menurut Nur Hasan (2001:2-5) menjelaskan tes adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk proses pengumpulan data atau informasi dari suatu obyek tertentu dan dalam pengukuran diperlukan suatu alat ukur. Ciri khas dari hasil pengukuran yakni dinyatakan dalam skor kuantitatif yang dapat diolah secara statistik. Melalui pengukuran kita akan memperoleh informasi yang obyektif sehingga kita dapat menentukan prestasi seseorang pada saat tertentu.
Tes dan pengukuran dalam penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan data hasil tentang hasil tendangan lambung jauh yang dilaksanakan dua kali yaitu pre-test dan post-test . Hasil tes dicatat dalam satuan meter. 1. Waktu Penelitian Penelitian dilaksanakan selama 3 minggu, mulai tanggal 2 januari 2010 sampai 22 januari 2010. Penelitian ini diawali dengan tes awal, hari berikutnya dilakukan pemberian latihan kemudian diakhiri dengan tes akhir. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali seminggu hari Senin, Rabu dan Jum,at. Dilaksanakan pada sore hari pukul 15.00 sampai selasai. 2. Tempat Penelitian Tempat penelitian dilaksanakan di lapangan desa 3. Obyek Penelitian Siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 4. Alat Penelitian Alat yang digunakan untuk penelitian adalah 1) Bola sepak , 2) Rool meter, 3).pembatas/Cones,4)Lapangan sepak bola. 5. Tenaga pembantu Untuk memperlancar jalannya penelitian, peneliti dibantu beberapa guru Penjasorkes dan kakak saya yang bertugas sebagai seksi dokumentasi. 6. Pelaksanaan Penelitian Secara keseluruhan,penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu yang dimulai sejak tanggal 2 januari 2010 sampai 22 januari 2010.
Dalam tiga kegiatan diantaranya tes awal, perlakuan atau pelaksanaan, dan tes akhir. Pre-test atau tes awal Tes awal dilaksanakan dilapangan sepakbola. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menendang lambung jauh. Sebelum tes awal dimulai, sampel diberi penjelasan mengenai pelaksanaan tes menendang lambung jauh. Sesudah diberi penjelasan baru dilaksanankan tes awal. Tes awal dilaksanakan pada hari senin 4 januari 2010 pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai di lapangan sepakbola Perlakuan Kegiatan dalam penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu, setiap minggu 3 kali pertemuan. Dengan demikian penelitian ini dilaksanakan 9 kali pertemuan. Sedangkan setiap pertemuan dilaksanakan selama 90 menit, dengan pengaturan waktu yaitu 15 menit untuk pemanasan, 60 menit latihan inti dan 15 menit untuk penenangan. Waktu kegiatan latihan dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jum’at dimulai pukul 15.00 WIB - sampai dengan selesai. Materi latihan pada kelompok 1 adalah latihan Barier hops dan untuk eksperimen 2 adalah latihan Knee tuck jump. Penyajian materi disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia. Sedangkan pengaturan waktu latihan adalah sebagai berikut:
a.       Pemanasan (Warming Up) Pemanasan diberikan pada siswa secukupnya dengan tujuan untuk mem persiapan kondisi fisik siswa sebelum melakukan latihan inti. Latihan ini sangat penting untuk mengadakan perubahan dalam fungsi organ tubuh guna menghadapi kegitan fisik yang lebih berat (Tohar, 2004 : 4) Latihan yang merupakan kegitan pamanasan dalam penelitian ini meliputi lari keliling lapangan selama dua kali, senam kelenturan dan senam khusus yang bertujuan untuk menyiapkan siswa dengan latihan. Jadwal latihan lihat lampiran, setelah semua melakukan latihan sesuai dengan kelompoknya masing-masing kemudian permainan kecil. b. Latihan inti Bagian inti dilaksanakan sesuai dengan program latihan. Materi diberikan sesuai dengan jadwal latihan. Jadwal latihan lihat lampiran. Setelah semua melakukan latihan sesuai dengan kelompoknya masing-masing kemudian latihan permainan kecil. c. Penenangan (Cooling Down) Penenangan dilaksanakan selama 15 menit dan hal ini bertujuan untuk pemulihan kembali kondisi badan setelah menerima materi latihan, dengan demikian keadaan tubuh akan pulih secara sempurna seperti semula. Adapun gerakan-gerakan yang digunakan untuk penenangan bisa seperti gerakan streching kembali. Selanjutnya bisa diberi penjelasan atau koreksi secara keseluruhan selama jalannya latihan, kesan dan pesan untuk membangkitkan motivasi latihan, berdo’a dan dibubarkan.
b.      Post-test atau Tes akhir Setelah program latihan dilaksanakan selama 9 kali pertemuan, pada tanggal 22 januari 2010 dilaksanakan tes akhir yang pelaksanaannya sama dengan tes awal. Adapun tujuan dilaksanakannya tes akhir adalah untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh siswa baik kelompok 1 ataupun kelompok 2 setelah mengikuti latihan. G. Tehnik Analisis Data Penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan alasan bahwa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa angka- angka karena dalam penelitian ini merupakan nilai suatu tes dari data kelompok eksperimen yang sudah dijodohkan pada masing-masing individunya maka untuk pengetesan signifikansi menggunakan t-test dengan rumus pendek (short methode) sesuai dengan pendapat Sutrisno Hadi (1997: 453). Analisa data diperlukan suatu rumus t-tes. Menyusun perhitungan statistik pada pola M-S terhadap hasil tes awal dan menyusun perhitungan statistik pola M - S terhadap hasil tes akhir. Data yang diperoleh diolah dengan teknik statisitik menggunakan rumus t–test untuk sampel- sampel yang berkorelasi, untuk pengujian hipotesa menggunakan taraf signifikansi 5 % dan derajat kebebasan N –1 = 19 Rumus: t = [ M D] atau t = Mk - Me 2 Σ b2 Σd N (N-1) N (N-1) Keterangan: MD : Mean dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 2 Σd : Jumlah kuadrat dari Deviasi perbedaan N : Jumlah dari subjek.
Harga mutlak (Sutrisno Hadi, 2000) Mk dan Me : Masing masing adalah mean dari kelompok kontrol dan kelompok Eksperimen 2 : Σb Jumlah deviasi dari mean perbedaan Untuk dapat memasukkan data kedalam rumus t - test tersebut harus diketahui terlebih dahulu mean (MD) yang dicari dengan rumus MD = Σ D H. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penelitian Dalam pelaksanaan latihan Barier hops dan knee tuck jump ditemukan hal yang berpengaruh terhadap hasil penelitian, antara lain: 1. Faktor Semangat Faktor semangat atau kesungguhan hati dalam melaksanakan latihan dapat mempengaruhi terhadap hasil loncatan yang diperoleh oleh masing-masing anak.
Dengan demikian perlu diberikan motivasi agar anak mau melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh. 2. Faktor Tempat dan Cuaca Latihan dilakukan sore hari, turunnya hujan dapat mengganggu jalannya latihan karena tempat penelitian berada di halaman terbuka sehingga mengganggu jam latihan, dengan terpaksa jam latihan diundur sampai sore. 3. Faktor Lingkungan Pelaksanaan latihan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, karena lapangan sepakbola lama tidak diguyur hujan sehingga rumput belum tumbuh tapi setelah beberapa hari melakukan latihan hujan mulai turun. Turunnya hujan membawa angin segar, namun demikian lapangan jadi agak becek berlumpur sehingga lapangan agak licin dan sampel takut kepleset karena lapangan belum tumbuh rumput.
Oleh sebab itu sampel diharuskan untuk selalu berkonsentrasi, hati-hati dan memperhatikan pada pelaksanaan latihan. 4. Faktor kehadiran Tempat peneliti dan rumah anak sampel hanya berlingkup satu warga, maka anak dengan rajin mengikuti latihan walaupun demikian peneliti tetap menyiapkan daftar hadir. 5. Faktor Kondisi Sampel Kondisi masing-masing sampel berbeda, baik mengenai kondisi keluarga, lingkungan maupun kesehatannya. Untuk itu selalu diberikan penjelasan agar sampel selalu menjaga kondisi kesehatannya dengan baik. 6. Faktor Alat Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa gawang yang dapat menentukan keberhasilan latihan. Kondisi alat yang kurang baik atau kurang layak akan mempengaruhi jalannya latihan. Oleh sebab itu, alat sewaktu dan setelah melakukan selalu dilakukan pemeriksaan dan bila terjadi kerusakan maka segera diadakan perbaikan.













BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pengaruh yang dimaksud dalam penelitian ini adalah daya yang ditimbulkan dari latihan Knee Tuck Jump dan Barrier Hops terhadap hasil menendang melambung jarak jauh. Knee Tuck Jump adalah latihan yang dilakukan pada permukaan yang rata dan berpegas seperti rumput, matras atau keset. Latihan ini dilakukan dalam suatu rangkaian loncatan eksplosif yang cepat. Otot-otot yang dikembangkan adalah flexors pinggul dan paha, gastronemius, gluteals, quadriceps dan hamstrings.
Latihan Barrier Hops adalah: “latihan yang dilakukan pada gawang-gawang atau rintangan-rintangan yang tingginya (antara 30 – 90 cm) diletakkan disuatu garis dengan jarak yang ditentukan dengan kemampuan. Rintangan akan jatuh bila atlet membuat kesalahan, start dimulai dengan berdiri di belakang rintangan, gerakan meloncat yang melewati rintangan-rintangan dengan kedua kaki bersamaan.
Dalam tiga kegiatan diantaranya tes awal, perlakuan atau pelaksanaan, dan tes akhir. Pre-test atau tes awal Tes awal dilaksanakan dilapangan sepakbola. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menendang lambung jauh. Sebelum tes awal dimulai, sampel diberi penjelasan mengenai pelaksanaan tes menendang lambung jauh. Sesudah diberi penjelasan baru dilaksanankan tes awal. Tes awal dilaksanakan pada hari senin 4 januari 2010 pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai di lapangan sepakbola Perlakuan Kegiatan dalam penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu, setiap minggu 3 kali pertemuan. Dengan demikian penelitian ini dilaksanakan 9 kali pertemuan. Sedangkan setiap pertemuan dilaksanakan selama 90 menit, dengan pengaturan waktu yaitu 15 menit untuk pemanasan, 60 menit latihan inti dan 15 menit untuk penenangan. Waktu kegiatan latihan dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jum’at dimulai pukul 15.00 WIB - sampai dengan selesai. Materi latihan pada kelompok 1 adalah latihan Barier hops dan untuk eksperimen 2 adalah latihan Knee tuck jump.
B.     Saran
Untuk pembaca : Marilah kita perbaiki teknik bermain sepak bola kita dan penanaman mental untuk meningkatkan prestasi persepakbolaan yang lebih indah dan damai.
Untuk mahasiswa IKIP PGRI : peningkatan pengetahuan tentang olahraga sangatlah penting untuk calon-calon guru sebagai tonggak pembinaan olahraga yang awal.




DAFTAR PUSTAKA
A.Chu, Donald.1992. Jumping Into Plyometrics. Canada: Human Kinetics.

Annarino, A.A.1976. Developmental Conditioning For Women and Men. Sain Louis the.c.v. Mosby Company Second Edition.

Anoname, 2001. Teknik Dasar Pesepakbola Indonesia Sangat Rendah.16 Mei 2006).

Aris Setiawan, 1999. (Sport) Latihan Sepak Bola.:  (16 Mei 2006)
B. Karno Eko Wardono. 2002 Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Tesis, dan Disertasi Program Pasca Sarjana. Semarang: UNNES.

Buxton, Ted. 2002. Soccer Skill For Young Players. United States (US): Firefly Books (US) Inc. Grosser,

Starischka, Zimmermann. 2001. Latihan Fisik Olahraga. Terjemahan Paulus Levinus Pasurney. Jakarta: KONI Pusat. Jensen, R. Clayne, dkk.1984. Applied kinesiology And Biomechanics. Singapore: Mc. Grow - Hill International Book Company.

M. Barrow, P.E.D. 1971. Physical Education. Philadelphia hal. 310.
M. Sajoto. 2002. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga.

Ngurah Nala. 1998. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Program Pasca Sarjana Studi Fisiologi Olahraga Universitas Udayana Denpasar.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.

Radclife, J.C. dan Farentinos, RC.2002. Pliometrik untuk Meningkatkan Power.
Terjemahan M. Furqon H. dan Muchsin Doewes.Surakarta: Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret

Rusli lutan, 2001. Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP). Jakarta: KONI Pusat.

Sucipto, dkk.. 2000. Sepak Bola. Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rhineka Karya.
Sukatamsi. 1984. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Solo: Tiga Serangkai . -------------1997. Permainan Besar I Sepak Bola. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. Sutrisno Hadi. 2000. Statistik Jilid 1dan 2. Yogyakarta: ANDI

Scheunemann, Timo. 2005. Dasar Sepak Bola Modern. Malang:
Dioma Tohar. 2002. Ilmu Kepelatihan Lanjut.Semarang: FIK PKLO UNNES. Uen Hartiwan … COACHING dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Semarang : FIK UNNES. 2 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mas ad referensi buku dri pengarun latihan untuk sepak bola

Unknown mengatakan...

mas kalo boleh ad buku ref terhadap pengaruh lat knee tuck jump dab barrier hops